Kamis, 26 November 2009

Warna

Tak banyak yang bisa kuceritakan, jika engkau bertanya apa gerangan yang bisa dibanggakan dalam hidupku. Mungkin jawabannya sedikit naïf, tapi itu adalah jawaban yang jujur setidaknya aku tidak berencana membohongi siapapun. Karena ku sadari bahwa dalam hidup ini sangatlah biasa.

Memang hidupku tidaklah hitam atau putih, mungkin warnanya kelabu atau abu-abu. Kelabu itu warna yang suram kata orang-orang. Karena percampuran antara hitam dan putih. Mungkin itu warna standard. Mungkin juga tidak.

Kalau memandang orang-orang disekeliling kita. Bagi kita susah juga melihat warna mereka. Kalau di Tanya bisa juga dengan sangat tegas dan meyakinkan dalam menjelaskan betapa indah warna hidup mereka, bisa i’ya bisa tidak. Entahlah. Bisa juga sepertinya begitu. Atau bisa juga ternyata mereka memiliki warna “bunglon”. warna yang selalu berubah setiap saat dimana mereka berada. Apa warna lingkungannya itulah warna mereka.

Aku tidak menyesali warna yang aku dapat. Karena aku tidak pernah juga merasa betul-betul putih atau betul-betul hitam. Dan aku pun tidak punya keinginan merubah warnaku. Dan rasanya tidak banyak juga yang bisa kurubah, karena aku cukup merasa nyaman dengannya.

Hidup memang berjuta warna, kita bebas memilih warna yang kita suka. Karena kita bebas untuk mengoreskan warna hidup kita. Tidak semua orang menyukai warna yang sama. Semua orang memiliki warna kesukaannya yang berbeda. Tidak ada yang salah memang.

Tapi, kalau kita membicarakan kita, Pilihlah warnamu sendiri. Tanpa harus memaksakan yang lain untuk menyukainya. Selain itu tidak bijak juga bila mencela warna pilihan orang lain. Tapi kalau diperhatikan sebuah lukisan itu adalah campuran dari berbagai aneka warna. Disana terukir keindahan . sepertinya warna yang satu melengkapi yang lainnya. Anehnya dalam keadaan normal, siapapun bisa menikmati keindahan campuran warna yang ada disana. Walau kalau ditanya, masing-masing kita ada warna kesukaan. Biarlah hidup ini penuh warna. Karena warna-warni itu ternyata indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.