Kamis, 07 Oktober 2010

Alami

Seorang imam bertugas taman dalam sebuah kuil Zen yang terkenal. Dia telah diberi pekerjaan itu karena ia suka akan bunga-bunga, semak, dan pohon. Di samping candi ada yang lain, candi yang lebih kecil di mana ada seorang Zen master yang sangat tua.

Suatu hari, ketika imam itu mengharapkan beberapa tamu khusus, ia berhati-hati dalam merawat kebun. Dia menarik gulma, dipangkas semak-semak, disisir lumut, dan menghabiskan waktu yang lama dan teliti menyapu hati-hati mengatur semua daun kering musim gugur. Saat ia bekerja, master tua mengawasinya dengan senyum dari seberang tembok yang memisahkan candi.

Setelah selesai, imam berdiri kembali untuk mengagumi karya-karyanya. "Bukankah itu indah," serunya ke master lama. "Ya," jawab orang tua, "tapi ada sesuatu yang hilang dan. Bantu aku ini melewati tembok itu maka Aku akan memberitahu bagaimana yg tepat untuk Anda."

Setelah ragu-ragu, imam mengangkat orang tua di atas dan menetapkan dia. Perlahan-lahan, master berjalan ke pohon di dekat pusat taman, menyambar dengan kust, dan goncang2 pohonnya. Daun berterbangan gugur ke seluruh taman sekarang. "Di sana," kata orang tua, "Anda dapat menurunkan saya kembali."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.